Problem Pengajaran Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA)

Hasanah, Fadhilah (2016) Problem Pengajaran Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA). Masters thesis, Univesitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hasanah2016 UPI [Problem Pengajaran Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (Mdta)].pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.upi.edu/25898/

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah problematika pembelajaran Menulis Arab Pegon di Madrasah Diniyiah Takmiliyah Awwaiyah pada Kelas I, II, III dan IV di MDTA AR - ROJA’ Lebak Banten Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendsekripsikan, dan menganalisis problematika pembelajaran Arab Pegon pada siswa Kelas I, II, III DAN IV di MDTA AR - ROJA’ Lebak Banten Tahun Ajaran 2015/2016). Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas I, II, III, dan IV MDTA AR ROJA Malingping lebak yang berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi terstruktur, wawancara mendalam, dokumentasi dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini yaitu materi yang diajarkan di MDTA secara garis besar sesuai dengan kurikulum yang digunakan, dan ditinjau dari segi kemampuan belajar siswa, materinya sederhana dan mudah di pahami dan di mengerti oleh siswa. Metode yang digunakan yaitu ceramah, dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi dan tema yang akan diajarkan. Metode tersebut kadang efektif, dan juga dapat menimbulkan rasa bosan, namun dengan metode permainan dan bernyanyi dapat menjadikan pembelajaran yang efektif variatif dan menyenangkan. Alat evaluasi yang dilakukan adalah tes, berupa latihan mengisi soal dan praktek membaca. Secara garis besar evaluasi dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, namun untuk penyusunan pertanyaan latihan soal yang kurang relevan karna mengunakan arab pegon. Rekomendasi penelitian ini yaitu ditujukan: Bagi pemerintah seyogyanya dalam membuat keputusan mempertimbangkan keadaan para siswa dan guru di sekolah, tidak membuat soal evaluasi yang memberatkan siswa dan guru dalam pelaksanaan ujiannya, mendukung segala keputusan yang ditetapkan dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Untuk buku ajar sudah sesuai dan cukup menarik bagi siswa karena di dalamnya termuat gambar-gambar, namun masih menggunakan tulisan latin berbahasa Indonesia sedangkan soal ujian yang dibuatkan dari Depag menggunakan tulisan arab pegon. Bagi sekolah Terkait masalah pengadaan sumber belajar, sekolah mungkin bisa mengupayakan dengan kerjasama atau meminta bantuan berupa sumber belajar kepada kantor kementerian agama atau pihak lain ataupun menyediakan fasilitas infocus bagi peserta didik. Bagi Guru hendaknyapantang menyerah dalam menambahwawasan terutama dalam hal yang terkait dengan materi, metode, media dan sistem evaluasi demi menunjang kelancaran dalam pembelajaran dan pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran yang optimal. Bagi Pembaca hendaknya senantiasa untuk terus menambah wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab dan terus menggali dan mencari sesuatu yang inovatif demi pembaharuan pembelajaran bahasa Arab lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, menulis arab pegon, Madrasah diniyah takmiliyah awwaliyah
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: AssocProf. Leon Abdillah
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:33
Last Modified: 05 Feb 2018 03:33
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item