IMPLEMENTASI MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN MENULIS WACANA EKSPOSITORIS SISWA SMA KELAS XI KECAMATAN SEBERANG ULU 2

Hastari Mayrita, Hastari and Ayu Puspitas Indah Sari, Ayu IMPLEMENTASI MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN MENULIS WACANA EKSPOSITORIS SISWA SMA KELAS XI KECAMATAN SEBERANG ULU 2. Prosiding Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan.

[img] Text
MAKALAH HASTARI DAN AYU.docx

Download (30kB)

Abstract

Frekuensi kegiatan menulis yang dilakukan siswa pada umumnya sangat rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pengalaman dan pengetahuan siswa dalam menulis, sehingga mengakibatkan lemahnya keterampilan menulis siswa. Keterampilan menulis siswa yang baik dan terarah dapat dijadikan sebagai bekal siswa untuk menikmati penghasilan tambahan ataupun penghasilan tetap demi kesejahteraan hidupnya. Adapun salah satu wacana tulis yang dapat dijadikan modal siswa untuk terampil menulis tersebut adalah dengan belajar bagaimana menulis wacana ekspositoris. Model pembelajaran inovasi baru yang dapat membantu keefektifan pembelajaran menulis siswa tersebut adalah model cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan salah satu inovasi model pembelajaran yang efektif, yaitu model CIRC untuk meningkatkan keterampilan menulis, terutama menulis suatu wacana ekspositoris. Penelitian ini diharapkan juga dapat dijadikan sebagai teori model pembelajaan yang efektif bagi guru dalam melaksanakan tindakan pengajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan control pretes dan postes. Sampel penelitian ini yaitu siswa SMA kelas XI SMA Nadhatul Ulama (NU) Kecamatan Seberang Ulu 2 daerah Plaju di Kota Palembang. Berdasarkan hasil analisis, hasil penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) efektif dalam kegiatan pembelajaran menulis wacana ekspositoris siswa SMA Kelas XI Kecamatan Seberang Ulu 2. Kata Kunci: CIRC, menulis, ekspositoris, SMA, kecamatan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mrs Hastari Mayrita
Date Deposited: 26 Feb 2016 00:49
Last Modified: 26 Feb 2016 00:49
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item