Fenita Amalia Hamzani, Fenita Amalia Hamzani and Isnawijayani, Isnawijayani, Ph.D (2022) Pola Komunikasi Pedagogik Antara Guru dan Siswa Tunarungu dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa. Pola Komunikasi Pedagogik Antara Guru dan Siswa Tunarungu dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa.
Text
FENITA ISNA JURNAL.docx Download (32kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pola komunikasi pedagogik antara guru dan siswa tunarungu dalam membangun kompetensi siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Palembang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawaancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan. Subjek dari penelitian ini terdiri dari guru dan siswa tunarungu SMPLB kelas 1 dengan menggunakan teori interaksi simbolik Raph Larosa dan Donal C. Reitsez (1993) sebagai landasan teori dari penelitian yang berjudul komunikasi pola komunikasi pedagogik antara guru dan siswa tunarungu dalam membangun kompetensi siswa di SLB N Pembina Palembang. Menggunakan Komunikasi pedagogik merupakan komunikasi antara guru dan siswa yang mengandung unsur-unsur pedagogik yang bersifat mengarahkan, membimbing dan menumbuhkan potensi Sebagian besar SLB-SLB di Indonesia menggunakan metode Komunikasi Total. Komunikasi ini menekankan bahwa setiap anak tunarungu berhak atas segala sarana komunikasi bahwa komunikasi pedagogik guru dalam mengembangkan kompetensi siswa dalam proses belajar mengajar bagi siswa penyandang tunarungu di SMP LB N Pembina Palembang cukup baik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 19 Jun 2022 12:46 |
Last Modified: | 19 Jun 2022 12:46 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12856 |
Actions (login required)
View Item |