bina, darma (2022) PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON. PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON.
Text
jurnal MTI Marlindawati ok.doc Download (512kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat lunak ajar penyelesaian persamaan non linier dengan metode Newton Raphson, mengungkapkan kualitas multimedia dari aspek isi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman, daya tarik serta ketuntasan belajar mahasiswa setelah menggunakan media ini. Validator penelitian adalah 3 orang ahli dibidang materi dan media. Subjek penelitian adalah 3 mahasiswa untuk uji coba validasi kelompok kecil dan 47 mahasiswa untuk validasi kelompok besar. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian (1) pengembangan perangkat lunak ajar melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi dan mengujicoba, (2) kualitas perangkat lunak ajar dari aspek materi dinilai menarik (skor=3,98) (3) kualitas perangkat lunak dari aspek media dinilai menarik (skor=3,95). Untuk kelompok besar, 41 mahasiswa (87,23%) menunjukkan ketuntasan belajar yang baik (nilai 70). Artinya penggunaan perangkat lunak ajar ini memberikan dampak yang baik terhadap ketuntasan belajar mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 15:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 15:56 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11681 |
Actions (login required)
View Item |