Nyimas, Sopiah (2022) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS SISTEM INFORMASI. PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS SISTEM INFORMASI.
Text
04 93-102 Jurnal Nyimas Bina Edukasi (edited by Nyimas).docx Download (108kB) |
Abstract
: Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata mahasiswa, mendorong mahasiswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penulisan untuk melihat ada atau tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep mahasiswa dalam belajar Analisis Sistem Informasi (ASI). Variabel dalam penulisan yaitu pemahaman konsep mahasiswa yang diajarkan kontekstual (variabel X1) dan pemahaman konsep mahasiswa yang tidak diajarkan kontekstual merupakan variabel (X2). Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh tentang variabel yang sedang diteliti yaitu menggunakan uji t (distribusi student). Kesimpulannya yaitu pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap pemahaman konsep mahasiswa dalam belajar ASI karena nilai rata-rata antara kelas eksperimen (KA4A) yaitu kelas yang diajarkan kontekstual dengan nilai 64,46 lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol (KA41) yaitu kelas yang tidak diajarkan kontekstual dengan nilai 49,37.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:29 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11117 |
Actions (login required)
View Item |