Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia

sari, purwita and Antoni, Darius and Rizal, syahril (2016) Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia. In: Annual Research Seminar 2016, 6 Desember 2016, Universitas Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars...

Abstract

da Perguruan Tinggi dalam hal mengatasi kendala sumber daya belajar. Untuk memahami proses implementasi elearning yang sudah ada, dibutuhkan evaluasi tingkat kematangan sistem e-learning yang dianggap mampu mengungkapkan dan menggambarkan proses yang sudah berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek atau katergori apa yang telah mencapai tingkat kematangan sistem e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia yang baik dan kategori apa yang masih perlu ditingkatkan maturity-nya supaya tidak mengalami kegagalan dan penerapan e-learning dapat berlangsung dengan sukses. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja eMM yang dapat digunakan sebuah institusi untuk mengukur sejauh mana (tingkat kematangan) kapabilitas e-learning yang ada apakah sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan pengajar, pembelajar, dan institusi. Dimensi kapabilitas dinyatakan dalam skala 1 (Delivery), 2 (Planning), 3 (Definition), 4 (Management), dan 5 (Optimization). Hasil dari penelitian ini adalah berupa gambaran tingkat kematangan e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: e-learning, tingkat kematangan, eMM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Muhamad Akbar
Date Deposited: 07 Nov 2020 08:52
Last Modified: 07 Nov 2020 08:52
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item