Yeni, Ernawati (2017) PENGARUH PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA TERHADAP KOMUNIKASI DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA DUA (2) TAHUN. "Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra 2017" dipublikasikan Kantor Bahasa Lampung. pp. 135-147. ISSN 978-602-71693-9-5
|
Text
Yeni Ernawati_PENGARUH PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA TERHADAP KOMUNIKASI DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA .pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dan Daftar Isi Prosiding Lampung_Yeni Ernawati.pdf Download (874kB) | Preview |
|
|
Text
Isi Prosiding_Yeni Ernawati.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Sertifikat Seminar di Lampung_Yeni Ernawati.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dua (2) tahun terhadap komunikasi dan perkembangan sosialnya. Subjek dalam penelitian ini adalah empat batita berusia dua (2) tahun. Data penelitian adalah percakapan subjek dan ibu, nenek, dan anggota keluarga lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam dan catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diklasifikasikan dalam tahapan pemerolehan bahasa pada tahap fonologi, sintaksis, semantik dan pragmatik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, (1) pada tahap fonologi: anak-anak usia dua tahun sudah mampu melafalkan bunyi-bunyi yang bermakna, (2) pada tahap sintaksis: anak-anak sudah mampu memproduksi Ujaran Dua Kata (UDK), (3) pada tahap semantik: anak-anak sudah memahami makna kata yang diperoleh dan diproduksinya, dan pada (4) tahap pragmatik: anak-anak dapat berkomunikasi dengan santun. Pemerolehan bahasa pertama yang dilewati oleh anak-anak tersebut memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan perkembangan sosial anak. Subjek penelitian yang sudah memperoleh bahasa pertama dapat melakukan komunikasi dengan lingkungannya dan mampu mengembangkan kemampuan sosialnya. Kata kunci: Pemerolehan Bahasa Pertama (PB1), komunikasi, perkembangan sosial, anak dua (2) tahun. Abstract This study aims to describe the relationship of first language acquisition in two year’s old children and their communication and social development. Subjects in this study were four toddlers aged two (2) years. Research data is subject conversation with mother, grandmother, and other family members. Technique of data collecting done by technique record and noted . The data obtained are then analyzed and classified in phases of acquisition of language at phonological, syntactic, semantic and pragmatic phases. From the research results it is known that (1) phonological stage: two years old children are able to pronounce meaningful sounds, (2) in the syntactic stage: children are capable of producing UDK, (3) ) at the semantic stage: children already understand the meaning of the word obtained and produced, and at (4) the pragmatic stage: children can communicate politely. The acquisition of the first language passed by the children has an influence on the communication and social development of the child. Research subjects who have obtained the first language can communicate with the environment and able to develop their social skills. Keywords: First Language Acquisition (PB1), communication, social development, two years old children.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan Bahasa Pertama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Yeni Ernawati |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 00:20 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 07:03 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3903 |
Actions (login required)
View Item |