The Significance of Total Physical Response (TPR) Method in Teaching Jawi Alphabet to Young Generation

Mukti, Mukti and Jazadi, Iwan (2017) The Significance of Total Physical Response (TPR) Method in Teaching Jawi Alphabet to Young Generation. Cendekia: Journal of Education and Society, 15 (2). pp. 197-209. ISSN 2477-796X

[img]
Preview
Text
Mukti2017 Cendekia [The Significance of Total Physical Response (TPR) Method in Teaching Jawi Alphabet to Young Generation].pdf

Download (572kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/cendek...

Abstract

Penguasaan bahasa Arab sangat penting untuk memahami ajaran Islam. Umat Islam membentuk satu masyarakat atas dasar kesamaan keyakinan, terlepas dari perbedaan bahasa, budaya, dan ras mereka. Masyarakat Muslim mendasarkan keyakinan kepada Allah yang Maha Esa dan juga wahyu terakhir, yaitu Al-Qur’an dalam bahasa Arab sebagai pedoman bagi umat manusia. Bahasa arab berfungsi sebagai bahasa pemersatu umat Muslim. Oleh karena itu, mempelajari dan mengajarkan bahasa Arab sangat penting bagi umat Islam. Di Indonesia, selain menggunakan tulisan dan bahasa Arab, pada masa silam banyak orang menggunakan huruf Jawi. Misalnya, di Lombok masih dapat ditemukan buku-buku keislaman yang ditulis dengan huruf Jawi dan dalam bahasa Melayu. Sayangnya, huruf Jawi ini tidak lagi diajarkan kepada generasi muda. Artikel ini membahas tentang pentingnya memperkenalkan kembali huruf Jawi kepada generasi muda dengan menggunakan metode Total Physical Response (TPR).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, huruf Jawi, TPR, generasi muda
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: AssocProf. Leon Abdillah
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:21
Last Modified: 05 Feb 2018 02:21
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item