Hastari, Mayrita and Indah, Meri Yanti (2016) TELAAH NILAI-NILAI DIDAKTIS CERPEN PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA. Bina EDUKASI, 10 (1). ISSN 1979-8598
Text
04 31-48 Indah dan Hastari_Juni 2016_disunting oleh Ayu Puspita (sdh edit akhir) 1 juni 2017.docx Download (56kB) |
|
Text
04 31-48 Indah dan Hastari_Juni 2016_disunting oleh Ayu Puspita (sdh edit akhir) 1 juni 2017.docx Download (56kB) |
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat di buku teks bahasa Indonesia dan mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang sesuai untuk anak didik. Subjek penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia penerbit Erlangga dan buku Facil Penerbit Grafindo. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan prosedur baca, catat, analisis, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai didaktis yang terdapat pada cerpen di buku teks bahasa penerbit Erlangga dan buku Facil terdapat nilai-nilai pendidikan dan pengajaran seperti mengajarkan sikap bijak kepada anak dalam memberikan hukuman sesuai tingkat kesalahannya. Nilai-nilai pengajaran yang dilakukan dengan sikap lembut dan bijaksana. Nilai-nilai moral yang ditemui adalah nilai-nilai kejujuran, keteladanan dan ketekunan, nilai-nilai kepedulian. Sedangkan nilai-nilai agama terdapat pada pengamalan sikap berani meminta maaf dan berusaha sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mrs Hastari Mayrita |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 08:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 08:27 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3460 |
Actions (login required)
View Item |