Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komputer Terhadap Kualitas Pelayanan Laboratorium Komputer Universitas Bina Darma

febriyanti, Panjaitan and Maria, Ulfa (2015) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komputer Terhadap Kualitas Pelayanan Laboratorium Komputer Universitas Bina Darma. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2015. pp. 146-149. ISSN 978-602-99213-9-7

[img]
Preview
Text
A24_146-149-2015-SNIT_Febriyanti Panjaitan_Mari Ulfa_Analisa Tingkat Kepuasan.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu sarana pembelajaran yang dibutuhkan adalah laboratorium komputer. Universitas Bina Darma memiliki fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pelayanan bela jar mengajar, dimana salah satu fasilitas yang diberikan yaitu laboratorium ilmu komputer. Untuk mengukur peranan laboratorium komputer terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengembangkan proses pembelajaran, maka diperlukan pengukuran kualitas pelayanan sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana kualitas pelayanan laboratorium komputer dalam meningkatkan kemampuan belajar mengajar berdasarkan kriteria yang menjadi tolak ukur adalah tangibles, realibility, responsiveness, assurance serta empathy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan Analisis data dengan menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Dari hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa pelayanan laboratorium komputer secara keseluruhan masih tergolong baik dapat dilihat dari rata-rata 5 indikator pengukuran kualitas pelayanan yang terdiri dari 21 pertanyaan mendapatkan bobot nilai 284,5 menunjukkan bahwa pelayanan laboratorium komputer berada pada kategori baik. Namun dari penelitian ini juga terdapat temuan-temuan sehingga peneliti memberikan saran yaitu penambahan kecepatan akses internet dan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Laboratorium komputer, umpan balik mahasiswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Febriyanti Panjaitan
Date Deposited: 10 Aug 2017 12:00
Last Modified: 10 Aug 2017 12:00
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item