Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Usaha Waralaba Menerapkan Metode Bayes

Diana, Diana (2017) Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Usaha Waralaba Menerapkan Metode Bayes. MATRIK, 19 (01). pp. 42-52. ISSN 1411-1624

[img]
Preview
Text
SPK Metode Bayes- MATRIK edisi april 2017- diana.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi usaha waralaba karena menentukan lokasi usaha yang strategis memiliki peran andil yang besar dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Langkah-penyelesaian masalah adalah pendekatan SDLC meliputi fase-fase berikut ini : 1) perencanaan, 2) analisis, 3) desain, 4) implementasi dan 5) perawatan. Metode yang diterapkan adalah metode Bayes. Pengambilan keputusan dengan metode Bayes membutuhkan informasi probabilitas setiap alternatif pada persoalan yang dihadapi untuk menghasilkan nilai harapan sebagai dasar pengambilan keputusan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi usaha waralaba dengan menerapkan metode Bayes. Pada tahap pengujian, berdasarkan hasil 5 kali uji coba dengan variasi data diperoleh kenyataan bahwa urutan rekomendasi lokasi usaha yang diberikan oleh sistem adalah konsisten.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs DIANA DIANA
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:51
Last Modified: 01 Aug 2017 03:51
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item