Analisis Pemaknaan “Tari Gending Sriwijaya” sebagai Unsur Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan Melalui Kajian Semiotika

Hastary, Mayrita Analisis Pemaknaan “Tari Gending Sriwijaya” sebagai Unsur Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan Melalui Kajian Semiotika. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata Hijau dan Pengembangan Ekonomi. ISSN 978-979-8911-78-8

[img]
Preview
Text
ANALISIS PEMAKNAAN TARI GENDING (LOMBOK 2013).pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang tari sambut yang ada di Sumatera Selatan. Salah satu tari sambut yang ada di Sumatera selatan adalah tari Gending Sriwijaya. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, tari Gending Sriwijaya dibawakan sebagai penyambutan tamu khusus kepala negara, baik Indonesia maupun negara-negara sahabat yang berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, khususnya ke Palembang. Tari ini merupakan warisan kebudayaan Palembang yang patut untuk dilestarikan. Hal ini disebabkan setiap hal yang berhubungan dengan tari ini memiliki simbol dan makna dari keramah-tamaan penduduknya dan semangat kebesaran kejayaan Sriwijaya yang dapat mewakili semangat kebangkitan Asia. Pemaknaan tari Gending Sriwijaya, baik dari gerak, musik, dan busana-nya akan dikaji melalui teori semiotika. Semiotika adalah ilmu bahasa yang mempelajari tentang tanda, yaitu, adanya penanda dan petanda dalam suatu bahasa yang mempunyai makna. Sebagian tanda dari suatu bahasa adalah simbol. Ilmu tentang tanda merupakan fenomena dalam masyarakat dan kebudayaan, yang bersimbolkan tanda-tanda yang perlu diberi makna. Simbol yang dimaknai ini menjalin komunikasi antara suatu karya dengan penikmatnya. Kata kunci: makna, tari, Sumatera Selatan, semiotika,

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Mrs Hastari Mayrita
Date Deposited: 26 Feb 2016 00:43
Last Modified: 26 Feb 2016 00:43
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item View Item