Penerapan Metode E-ServQual untuk Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi

Diana, Diana Penerapan Metode E-ServQual untuk Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi. Matrik. ISSN 1411-1624

[img] Text
Jurnal Penerapan Metode E.docx

Download (12kB)

Abstract

This study aimed to evaluate the quality of information systems services using e-servqual method. There are five dimensions of quality are tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) and empathy (X5). The research instrument was a questionnaire with a scale linkert, each respondent fill out a questionnaire that contains about expected service and perceived service. This research diccuss about gap 5 is expected service- perceived service gap. The result, convenient to use information systems, each department to get the information as needed and information sistem is easy of use has the largest gap value. This means that information systems must be developed that is more convenient to use, the distribution rights of access to information according to user needs and information systems are easy to operate. Key Word : service quality, information system, e-servqual method ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan sistem informasi menggunakan metode e-servqual. Ada 5 dimensi kualitas yang dilihat, yakni, bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5). Intrumen penelitian ini adalah kuisioner dengan skala linkert, masing-masing responden mengisi 2 buah kuisioner yang berisi tentang kenyataan dan harapan. Pada penelitian ini akan dihitung gap 5 dari metode servqual yaitu gap antara harapan dan kenyataan. Semakin besar gap yang diperoleh berarti dimensi kualitas tersebut menjadi prioritas untuk diperbaiki kualitasnya. Diperoleh fakta bahwa atribut dengan pernyataan ’sistem informasi nyaman digunakan’, ‘setiap bagian mengakses informasi sesuai kebutuhannya’, dan ’sistem informasi yang ada mudah dioperasikan’ memiliki gap yang terbesar. Hal ini berarti perlu dikembangkan sistem informasi yang lebih nyaman digunakan, pembagian hak akses informasi yang sesuai kebutuhan pengguna dan sistem informasi yang mudah dioperasikan. Kata Kunci : kualitas layanan, sistem informasi, metode e-servqual

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs DIANA DIANA
Date Deposited: 10 Feb 2016 06:39
Last Modified: 10 Feb 2016 06:39
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item