PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN SERVQUAL METHODE

Vivi Sahfitri, Vivi Sahfitri (2014) PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN SERVQUAL METHODE. Matrik, 16 (2). pp. 105-114. ISSN ISSN : 1411-1624

[img] Text
03 105-114 Jurnal pengukuran kualitas- Vivi ok (sdh edit Nyimas) OK 21-10-15.doc

Download (145kB)
Official URL: http://binadarma.ac.id

Abstract

Abstract: Implementasi Sistem informasi merupakan salah satu fasilitas pendukung bagi kinerja dalam suatu instansi. Pemanfaatan Sistem informasi bertujuan untuk mempermudah tugas pengguna (user) sehingga dapat dicapai penghematan waktu, biaya, dan sumber daya dalam pengambilan keputusan. User Satisfaction atau Kepuasan pengguna dari suatu Sistem Informasi merupakan salah satu faktor atau ukuran terhadap keberhasilan bagi proses pengembangan dan implementasi Sistem Informasi pada suatu instansi. Penelitian ini menganalisis tentang kualitas layanan Sistem Informasi menggunakan variabel yang terdapat dalam metode Service Quality atau Servqual methode. Variabel yang akan diukur adalah variabel tangibles, reliability, Responsiveness, assurance dan empathy terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara serentak atau simultan ataupun secara parsial terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel variabel yang ada dalam penelitian. Sedangkan dari hasil analisis Regresi diperoleh fakta bahwa kontribusi kelima variabel tersebut adalah 66,5 % terhadap variable Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Keywords: ServQual Method , Tangibles , Reliability, Responsiveness , Assurance , Emphaty , and User Satisfaction of Information System Abstrak: Implementasi Sistem informasi merupakan salah satu fasilitas pendukung bagi kinerja dalam suatu instansi. Pemanfaatan Sistem informasi bertujuan untuk mempermudah tugas pengguna (user) sehingga dapat dicapai penghematan waktu, biaya, dan sumber daya dalam pengambilan keputusan. User Satisfaction atau Kepuasan pengguna dari suatu Sistem Informasi merupakan salah satu faktor atau ukuran terhadap keberhasilan bagi proses pengembangan dan implementasi Sistem Informasi pada suatu instansi. Penelitian ini menganalisis tentang kualitas layanan Sistem Informasi menggunakan variabel yang terdapat dalam metode Service Quality atau Servqual methode. Variabel yang akan diukur adalah variabel tangibles, reliability, Responsiveness, assurance dan empathy terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara serentak atau simultan ataupun secara parsial terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel variabel yang ada dalam penelitian. Sedangkan dari hasil analisis Regresi diperoleh fakta bahwa kontribusi kelima variabel tersebut adalah 66,5 % terhadap variable Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Kata kunci: ServQual Methode, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Vivi Sahvitri
Date Deposited: 06 Feb 2016 03:35
Last Modified: 06 Feb 2016 03:35
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item