IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENGAJARAN MEMBACA MELALUI KELOMPOK BACA SISWA DAN ROLE-PLAY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Atika, Puspasari and Rosmaidar, Rosmaidar (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENGAJARAN MEMBACA MELALUI KELOMPOK BACA SISWA DAN ROLE-PLAY BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Pengembangan Penilaian Instrumen Karakter yang Valid, 1. ISSN 978-602-71716-0-2

[img] Text
Makalah Atika-Rosmaidar UBD-Solo Mei 2014-final.rtf

Download (100kB)

Abstract

Abstrak: Tidak dapat dipungkiri bahwa permasalahan bangsa ini berakar dari kegagalan sistem pendidikan membangun generasi yang berintegritas dan berkarakter baik. Pembelajaran yang hanya berfokus pada kecerdasan akademik merupakan suatu kesalahan yang harus segera diperbaiki. Ada 18 Nilai karakter yang patut ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran di sekolah. Salah satunya adalah gemar membaca. Nilai karakter ini dapat dimplementasikan secara langsung pada pengajaran membaca di kelas melalui pendekatan yang menarik. Dengan membentuk kelompok baca kecil di kelas dan diikuti dengan role –play, guru diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca pada siswa. Selain itu metode role-play setelah siswa membaca juga dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter yang lain seperti sikap toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, serta tanggung jawab. Makalah ini membahas metode pengajaran membaca melalui kelompok baca siswa dan role-play bagi siswa sekolah dasar berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di SDN 165 Palembang. Kata kunci: Nilai karakter, kelompok baca, minat membaca

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mrs ROSMAIDAR ROSMAIDAR
Date Deposited: 21 Feb 2015 01:33
Last Modified: 21 Feb 2015 01:33
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item