Yuliwati, Erna (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGURAIKAN PENTINGNYA KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (STUDI PADA SISWA KELAS VIIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TANJUNG LAGO). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGURAIKAN PENTINGNYA KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (STUDI PADA SISWA KELAS VIIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TANJUNG LAGO).
|
Text
7.Nur Apria Rahma.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan penda�pat melalui model pembelajaran Number Head Together (studi pada siswa kelas VIIa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Lago). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif. Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil belajar siswa meningkat dibanding sebelum menggunakan model pembelajaran NHT, sebelum diterapkan model pembelajaran NHT, rata-rata hasil belajar siswa hanya 23,07% meningkat pada siklus pertama menjadi 61,53% dan meningkat lagi pada siklus kedua menjadi 88,48%. Peningkatan hasil belajar siswa ini didukung pula oleh peningkatan minat belajar yang dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 36,6 atau 48,79% dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 56,2 atau 74,93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggu�naan model pembelajaran Number Head Togther dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 05:57 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 05:57 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17279 |
Actions (login required)
View Item |