PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN KIMIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN KIMIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN KIMIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
9.Nurlela.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran yang masih konvensional, ceramah dan kurang melibatkan peran aktif siswa. Pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari presentasi kelas, belajar dalam kelompok (tim), kuis (tes) dan penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pem�belajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam mata pelajaran kimia di kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Palembang yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 25 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan pada nilai rata-rata dari sebelum tindakan 63,93, hasil siklus I 73,31 dan hasil siklus II 81,37 pada siswa subjek penelitian. Untuk ketuntasan individu terda�pat kenaikan, sebelum tindakan 13 siswa yang tuntas , setelah siklus I 20 siswa dan setelah siklus II ada 28 siswa. Untuk ketuntasan klasikal juga terdapat peningkatan dimana sebelum tindakan 40,63%, siklus I 62,5% dan pada siklus II 87,5% yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembe�lajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD Dalam Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 05:57
Last Modified: 05 Jul 2022 05:57
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item