Linda, Atika, M.Kom. (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA PGRI 5 PALEMBANG. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA PGRI 5 PALEMBANG.
|
Text
6.Linda.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di kelas X.1 SMA PGRI 5 Palembang dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Picture and Picture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan ke�las yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sejarah siswa di kelas X1 SMA PGRI Palembang khususnya pada ma�teri kehidupan awal masyarakat pra sejarah di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III yang memperoleh ni�lai 75 dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Pada siklus I sebanyak 16 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa 50,00% dan r ata-rata hasil belajar 66,41. siklus II sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar den�gan persentase ketuntasan belajar siswa 80,00% dan rata-rata hasil belajar siswa 75,4. siklus III sebanyak 31 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan�ketuntasan belajar siswa 85,71% dan rata-rata hasil belajar 82,00. Dari tiga siklus yang telah dilakukan, maka saran yang diberikan kepada peneliti lain dapat mengap�likasikan model pembelajaran kooperative tipe Picture and Picture pada materi lain guru sekolah dapat menggunakan sebagai alternative mode m
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:46 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:46 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17194 |
Actions (login required)
View Item |