MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN).

[img] Text
MM_Sumadi_Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Trachtenberg (Studi Kasus SMP Negeri 2 Tulung Selapan).docx

Download (26kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan menggunakan metode konvensional. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg.Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral, terdiri dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Tulung Selapan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik persentase dan perhitungan skor perkembangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 72% , pada siklus II meningkat menjadi 96% maka aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg mengalami peningkatan pada setiap aspek yang diamati. Rerata tes awal 56,5 tes akhir siklus I 71,83 dan tes akhir siklus II 87,26. Hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg juga mengalami peningkatan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:36
Last Modified: 05 Jul 2022 04:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item