Suzi Oktavia Kunang, Suzi (2022) KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA. KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA.
|
Text
3. _reviewed ok 07TI KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TI.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pelayanan teknologi informasi di Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi Manajemen (UPT-SIM) Universitas Bina Darma, serta melihat bagaimana kualitas kinerja layanan TI Universitas Bina Darma saat ini dilihat dari aspek Kontribusi Perusahaan/Bisnis, Orientasi Peng�guna, Kesempurnaan Operasional, dan Orientasi Masa Depan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Universitas Bina Darma telah menggunakan dan mengimplemen�tasikan TI dalam seluruh proses bisnis, baik pada fungsi-fungsi utama TI (IT core function) seperti pendidikan dan penelitian, maupun pada fungsi pendukung (IT sup�port function). Perumusan strategi dan implementasi TI dilakukan oleh UPT-SIM. Unit ini bertanggung jawab terhadap segala proses dan investasi teknologi infor�masi. Beragam bentuk teknologi informasi yang telah diimplementasikan, seperti : e�learning, website, web mail, sistem informasi akademik, fasilitas wifi di seluruh area kampus, dan lainlain.Penelitian dilakukan dengan survey dan penilaian terhadap rencana dan implementasi strategi teknologi informasi Universitas Bina Darma. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara dengan staff UPT�SIM. Data kemudian dianalisis menggunakan kerangka kerja IT Balanced Scorecard untuk mengetahui tingkatkinerja layanan teknologi informasi sehingga dapat dike�tahui aspek-aspek yang memerlukan perbaikan maupun yang harus di tingkatkan oleh Universitas Bina Darma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka kerja IT Balanced Scorecard sangat efektif digunakan sebagai alat ukur kinerja pelayanan teknologi informasi di UPT-SIM.Hasil penilaian terhadap aspek orientasi masa de�pan, perspektif kesempurnaan operasional, perspektif orientasi pengguna, dan per�spektif kontribusi bisnis menunjukkan bahwa kinerja layanan TI UPT-SIM memiliki kontribusi yang besar dalam mewujudkan pengelolaan universit
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:32 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:32 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17044 |
Actions (login required)
View Item |