MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TRACHTENBERG (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN).

[img]
Preview
Text
12.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan menggunakan metode konvensional. 2) Untuk menge�tahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan meng�gunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg. 3) Untuk mengetahui pen�ingkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bentuk kuadrat dengan meng�gunakan pembelajaran kooperatif metode Trachtenberg.Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral, terdiri dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tin�dakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Tulung Selapan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh dalam peneli�tian ini menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi, reduksi data, penya�jian data dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik persentase dan perhitun�gan skor perkembangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 72% , pada siklus II meningkat menjadi 96% maka aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooper�atif metode Trachtenberg mengalami peningkatan pada setiap aspek yang diamati. Rerata tes awal 56,5 tes akhir siklus I 71,83 dan tes akhir siklus II 87,26. Hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif metode Tra�chtenberg juga mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:32
Last Modified: 05 Jul 2022 04:32
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item