Ria Andryani, M.M., M.Kom, Ria Andryani, M.M., M.Kom and Qoriani Widayati, Qori (2022) Perancangan E-Museum Songket Dengan Menggunakan Metode Software Development Life Cycle Untuk Melestarikan Budaya Lokal Sumatera Selatan. Perancangan E-Museum Songket Dengan Menggunakan Metode Software Development Life Cycle Untuk Melestarikan Budaya Lokal Sumatera Selatan.
|
Text
7. Perancangan E-Museum Songket Dengan.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan E-Museum songket menjadi salah satu langkah kreatif anak bangsa yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kebudayaan lokal Sumatera Selatan agar tidak hilang dimakan zaman, karena e- museum sebagai media penye- baran informasi museum. Pemanfaatan teknologi Web 2.0, database, dan penampil- an display multimedia untuk menampilkan keanekaragaman jenis, motif dan warna songket sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan e-museum yang informatif dan bernilai seni tinggi, sehingga tidak mengurani nilai - nilai budaya yang terkandung di dalam songket tersebut. Sasaran dari penelitian ini adalah untuk membangun prototipe e-museum song- ket berbasis web dan multimedia untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat indonesia dan internasional tentang kebudayaan lokal Sumatera Selat- an berupa kain tenun songket. E-Museum ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana pelestarian dan promosi budaya lokal Sumatera Selatan terhadap dunia internasinal. Penelitian ini mengikuti tahapan kerangka kerja Siklus Hidup Pengembangan Sistem, yaitu : Requirement, Analysis, Desing, Implementation, Testing,Evaluation
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 01:20 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 01:20 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16423 |
Actions (login required)
View Item |