UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Kecerdasan Emosi dalam Pembelajaran. Kecerdasan Emosi dalam Pembelajaran.
|
Text
seminar pendidikan balai bahasa _Kecerdasan emosi dalam pembelajaran.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Emosi positif dapat mempercepat proses belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih baik, sebaliknya emosi yang negatif dapat memperlambat belajar atau bahkan menghentikannya. Pembelajaran yang berhasil haruslah dimulai dengan menciptakan emosi positif pada diri pemelajar. Jika siswa mengalami emosi positif maka pemelajar akan lebih mudah menyerap pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang baik. Untuk menciptakan emosi positif pada diri siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang mencakup lingkungan fisik dan lingkungan psikologis. Lingkungan yang dimaksud disini adalah penataan ruang kelas dan penggunaan alat bantu belajar , sedang lingkungan psikologis mencakup penggunaan musik, untuk meningkatkan hasil belajar. Penataan kelas, seperti penataan tempat duduk, pajangan, dan penyediaan wewangian, memainkan peranan penting dalam penciptaan emosi positif dalam belajar.Untuk membangkitkan emosi positif pada diri pemelajar, pendidik atau harus terus mengevaluasi, merefleksi dan memperbaharui teknik mengajarnya, dapat dengan alat bantu media yang mendukung dan sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang, dapat pula memperdengarkan musik yang lembut, serta mengasah diri dalam teknik keterampilan bicara, mengalihkan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran, serta membangun kedekatan emosi positif dengan peserta didik sekalipun diluar kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 01:19 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 01:19 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/16388 |
Actions (login required)
View Item |