Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia. Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia.

[img]
Preview
Text
Paper ARS 2016 Unsri 762-2131-1-PB.pdf

Download (407kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Implementasi e-learning di Indonesia sudah banyak diterapkan pada Perguruan Tinggi dalam hal mengatasi kendala sumber daya belajar. Untuk memahami proses implementasi e�learning yang sudah ada, dibutuhkan evaluasi tingkat kematangan sistem e-learning yang dianggap mampu mengungkapkan dan menggambarkan proses yang sudah berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek atau katergori apa yang telah mencapai tingkat kematangan sistem e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia yang baik dan kategori apa yang masih perlu ditingkatkan maturity-nya supaya tidak mengalami kegagalan dan penerapan e-learning dapat berlangsung dengan sukses. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja eMM yang dapat digunakan sebuah institusi untuk mengukur sejauh mana (tingkat kematangan) kapabilitas e-learning yang ada apakah sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan pengajar, pembelajar, dan institusi. Dimensi kapabilitas dinyatakan dalam skala 1 (Delivery), 2 (Planning), 3 (Definition), 4 (Management), dan 5 (Optimization). Hasil dari penelitian ini adalah berupa gambaran tingkat kematangan e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:39
Last Modified: 25 Jun 2022 03:39
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15797

Actions (login required)

View Item View Item