PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF ADM UNTUK PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF ADM UNTUK PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF ADM UNTUK PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BDCOCS_IIN_ARISTA_merged.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi berdampak tehadap penyampaian informasi kepada user, yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia yaitu salah satu yang merasakan perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi adalah bidang pendidikan. Pendidikan adalah sebuah tahapan dimana peserta didik dibimbing dan diarahkan agar dapat menjalani kehidupan yang baik sesuai dengan metode pembelajaran yang ada. Pendidikan di SMA Negeri 8 Palembang telah menerapkan standar nasional pendidikan. Tetapi belum terintegrasi pada sistem informasi dan teknologi informasi, oleh karena itu dibutuhkan rancangan enterprise architecture untuk mengembangkan dan membangun sistem informasi dan teknologi informasi. Architecture enterprise memiliki arti pendefinisian, mengklasifikasi perencanaan dan rancangan konektifitas dari berbagai komponen yang menyusun suatu enterprise. Penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu preliminary, architecture vision, business architecture, information systems architecture, technology architecture, opportunites & solutions, migration planning, implementatation governance, architecture change management. Hasil dari penelitian ini adalah adanya rancangan sistem informasi yang akan digunakan untuk mendukung pemenuhan standar nasional pendidikan dan sekolah dapat mengembangkan dan merancang sisteminformasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 25 Jun 2022 03:38
Last Modified: 25 Jun 2022 03:38
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item