UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI SEKOTAPALEMBANG. KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI SEKOTAPALEMBANG.
Text
Artikel Jurnal Andina.docx Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa SMP Negeri Sekota Palembang kelas IX menulis karangan argumentasi. Disamping itu dicari kelemahan/kekurangan karangan argumentasi dilihat dari aspek-aspeknya.Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis, dan dapat dijadikan masukan bagi peningkatan mutu pengajaran bahasa Indonesia khususnya pengajaran menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel berjumlah 155 orang dengan sumber data siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Palembang. Teknik pengolahan data dengan cara penskoran dan mencari nilai rata-rata karangan siswa kemudian menentukan persentasenya berdasarkan tingkatannya. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri Kota Palembang mempunyai kemampuan sedang dalam menulis karangan argumentasi. Berdasarkan hasil yang didapat disimpulkan bahwa Persentase kemampuan menulis karangan argumentasi siswa berkemampuan tinggi sebesar 0 %, siswa berkemampuan sedang 71,61%, dan siswa berkemampuan rendah sebesar 28,38%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:17 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15126 |
Actions (login required)
View Item |