PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PALEMBANG. PENERAPAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN KEHIDUPAN DIRI SENDIRI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PALEMBANG.

[img] Text
Indri_Desember 2014_disunting eny.docx

Download (52kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi masalah dalam menulis cerita pendek (cerpen). Untuk itu, diperlukan teknik belajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri, salah satunya teknik belajar think pair share. Masalahnya adalah apakah penerapan teknik think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang, sebanyak 219 orang dengan sampel sebanyak 60 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu teknik think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang karena terbukti bahwa “t_o” lebih besar dari pada “t_tabel” pada taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes kelas eksperimen dengan hasil tes kelas kontrol diperoleh bahwa “t_o” > “t_tabel”, yaitu 26,16 > 2,00 pada taraf signifikan 5 % dengan d.b. 58 “t_o” > “t_tabel”Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi masalah dalam menulis cerita pendek (cerpen). Untuk itu, diperlukan teknik belajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri, salah satunya teknik belajar think pair share. Masalahnya adalah apakah penerapan teknik think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang, sebanyak 219 orang dengan sampel sebanyak 60 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu teknik think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang karena terbukti bahwa “t_o” lebih besar dari pada “t_tabel” pada taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes kelas eksperimen dengan hasil tes kelas kontrol diperoleh bahwa “t_o” > “t_tabel”, yaitu 26,16 > 2,00 pada taraf signifikan 5 % dengan d.b. 58 “t_o” > “t_tabel” , tolak H_o,〖 terima H〗_a (taraf signifikan 5 %) 26,16 > 2,00, tolak H_(o,) 〖 terima H〗_a (taraf signifikan 5 %). , tolak H_o,〖 terima H〗_a (taraf signifikan 5 %) 26,16 > 2,00, tolak H_(o,) 〖 terima H〗_a (taraf signifikan 5 %).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:00
Last Modified: 23 Jun 2022 02:00
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item