MEMBANGUN INDUSTRI KERAJINAN UMKM MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI PADA INDUSTRI KREATIF UKIRAN KAYU KHAS PALEMBANG

Gagan Ganjar Resmi, - (2022) MEMBANGUN INDUSTRI KERAJINAN UMKM MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI PADA INDUSTRI KREATIF UKIRAN KAYU KHAS PALEMBANG. MEMBANGUN INDUSTRI KERAJINAN UMKM MELALUI PENGEMBANGAN POTENSI PADA INDUSTRI KREATIF UKIRAN KAYU KHAS PALEMBANG.

[img] Text
GAGAN GANJAR RESMI SEMNAS2013.docx

Download (42kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Peran Unit Usaha kecil dan Menengah (UKM) di masa krisis moneter tahun 1998 tetap survive di tengah persaingan yang semakin ketat. Kendala yang sering kita dengar adalah masalah permodalan, dimana ketika UMKM ingin mengembangkan usaha dan meminjam modal usaha terkendala oleh jaminan yang diberikan kepada Bank, kondisi inilah yang disikapi secara serius oleh perbankan syariah untuk melayani segmen ini, karena potensi UKM di sektor pengrajin ukiran khas Palembang sangat besar di tengah arena persaingan dengan produk ukiran khas Jepara. Artikel ini ingin mengetahui dan menjelaskan seberapa besar potensi pasar industri kerajinan ukiran khas Palembang, potensi ekonomi, potensi untuk sukses, peran instansi terkait, dan peran perbankan syariah, serta dampaknya bagi masyarakat pada umumnya. Manfaat dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan masukan terhadap instansi terkait seperti Pemerintah Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar lebih serius dalam membuat kebijakan dengan memberikan dorongan seperti memfasilitasi kebutuhan UMKM yang berkaitan dengan model pendampingan, permodalan, manajemen, pemasaran, pelatihan SDM. Peran teknologi informasi pada industri ini masih terbatas, misalnya penggunaan internet untuk memasarkan produk ukiran khas Palembang ini masih sebatas ikut trend saja, belum sepenuhnya digunakan untuk mencari calon pembeli yang potensial, sehingga penjualan terbesar masih dilakukan penjualan konvensional yaitu penjualan langsung kepada calon pembelinya. Dengan demikian, perlu adanya terobosan baru yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal,agar wilayah pemasaran menjadi semakin meluas.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:34
Last Modified: 20 Jun 2022 07:34
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item