Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Servqual Method

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Servqual Method. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Servqual Method.

[img] Text
SNATI_MARLINDAWATI_UBD.doc

Download (229kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Sistem informasi dibangun sebagai fasilitas pendukung kinerja dalam suatu instansi yang dimaksudkan untuk mempermudah tugas pengguna (user) sehingga tercapai penghematan waktu, biaya, dan sumber daya dalam pengambilan keputusan. Kepuasan pengguna dari suatu Sistem Informasi merupakan salah satu faktor atau ukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan dan implementasi Sistem Informasi pada suatu instansi / perusahaan. Citra kualitas layanan yang baik dapat dilihat berdasarkan sudut pandang / persepsi pengguna Sistem Informasi tersebut yang merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu layanan. Penelitian ini akan menganalias pengaruh variabel Service Quality (servqual) yang terdiri dari variabel tangibles, reliability, Responsiveness, assurance dan empathy terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa beberapa PTS di Kota Palembang yang menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam proses akademik atau pembelajaran yang dilakukan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan maupun secara parsial terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap variabel kepuasan pengguna Sistem Informasi. Sedangkan dari hasil analisis Regresi diperoleh fakta bahwa kontribusi kelima variabel tersebut adalah 65,9 % terhadap variable Kepuasan Pengguna Sistem Informasi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:03
Last Modified: 20 Jun 2022 07:03
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item