Isnawijayani, Isnawijayani, Ph.D (2022) Membangun Literasi Baru PEMILIHAN KONTEN YOUTUBE BAGI REMAJA. Membangun Literasi Baru PEMILIHAN KONTEN YOUTUBE BAGI REMAJA.
Text
JURNAL YOUTUBE.docx Download (44kB) |
Abstract
Dahulu anak-anak massif menontontelevisi, kini posisi televise sudahmulaidigantikan platform baru yang disebut youtube.YouTube adalah situs web berbentuk video menampilkan berbagai macam konten. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menonton apapun di YouTube, jika itu dilakukan dengan sadar. Tetapi akan menjadi hal yang negative jika sembarang menonton YouTube. Remaja bebas mendapatkan informasi video apapun.Bagaimana pemilihan konten youtube bagi anak remaja? Tujuan penulisan ini adalah untuk menggambarkan pentingnya literasi media dalam keluarga dalam mendampingi anak mengakses konten-konten youtube. You Tube sebagai produk New Media tidak terlepas dari internet, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi secara privat maupun secara public (Mondry, 2008: 13).YouTube menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Dengan deskriptif kualitatif dan teori New media penulis mengamati kebiasaan anak remaja mengakses Youtube dalam keluarga, dengan informan dari remaja itu sendiri, psikolog, dan pengamat media. Pendampingan anak remaja dengan pemilihan konten dilakukan dengan dua cara, penjelasan konten-konten youtube dan diskusi dengan anak remaja, sebelum, saat, ataupun setelah menonton youTube. Diperlukan kecerdasan komunikasi dengan literasi Media dalam keluarga.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 06:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 06:59 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13051 |
Actions (login required)
View Item |