PEMANFAATAN PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN HUMAN COMPUTER INTERACTION

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PEMANFAATAN PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN HUMAN COMPUTER INTERACTION. PEMANFAATAN PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN HUMAN COMPUTER INTERACTION.

[img]
Preview
Text
332-Article Text-1011-1-10-20181211.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pemanfaatan penggunaan perpustakaan digital (perpudig) untuk dapat mengetahui seberapa besar perpustakaan digital (perpudig) dapat membantu pengunjung untuk dapat menikmati fasilitas perpustakaan. Salah satu contoh yang menikmati penggunaan perpustakaan digital (perpudig) pada perpustakaan ini adalah siswa siswi sekolah menengah pertama. Mereka membutuhkan sarana yang dapat diakses dengan cepat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan. Pemanfaatan dijelaskan dengan menggunakan parameter usabilitas dan aksebilitas dan menggunakan pendekatan Interaksi Komputer dan manusia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif maka hasil rekap nilai Usability menunjukkan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability dengan rata-rata diatas 3, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan digital (perpudig) telah memiliki aspek usability, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Dan perpustakaan digital (perpudig) ini sudah dapat digunakan oleh seluruh siswa dan staf perpustakaan sekolah menengah ini dikarenakan perpustakaan digital (perpudig) sangat mudah dipelajari dan mudah dipahami atau dimengerti oleh penggunanya. Banyak faktor yang menjadi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan digital (perpudig) seperti masalah jaringan internet, koleksi digital yang dimiliki belum lengkap, kelelahan mata pengguna, kurang sosialiasi dan kekurangantahuan pengelola perpustakaan apabila terjadi kesalahan atau masalah ketingga pengunjung mengakses informasi di perpustakaan digital (perpudig). Data yang diperoleh dari penggunaan metode penelitian kuantitatit yaitu kusioner dan observasi. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pada aspek usability dan dan aksebilitas bahwa sepenuhnya akan sangat membatu pengguna aplikasi ini terhadap penggunaan aplikasi digital tersebut

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:36
Last Modified: 19 Jun 2022 12:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item