Martha Wulandari, Martha Wulandari (2022) MERUMUSKAN KOMPETENSI DAN STRATEGI MENGAJAR GURU BIMBINGAN BELAJAR (Studi Kasus: Bimbel Do’a Bunda Bandar Lampung). MERUMUSKAN KOMPETENSI DAN STRATEGI MENGAJAR GURU BIMBINGAN BELAJAR (Studi Kasus: Bimbel Do’a Bunda Bandar Lampung).
|
Text
Editor SEMAGMA 2017.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Mendapatkan strategi mengajar dengan menguji kompetensi melalui wawancara di Bimbingan Belajar Do’a Bunda, merupakan tujuan dan konsep dasar. Konsep Dasar Analisis Kompetensi Guru pada suatu Bimbingan Belajar adalah terjadinya pengaruh positif terhadap meningkatnya suatu prestasi anak didik dalam proses belajar mengajar dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan output yang diperoleh di sekolah formal. Adapun tanggung jawab dari Analisis Kompetensi meliputi aspek-aspek pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan pemeliharaan prasarana dan sarana bimbingan belajar, pengelolaan anggaran bimbingan belajar dan pengelolaan monitoring dan evaluasi di bimbingan belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kompetensi apa saja yang digunakan dan dikembangkan dalam pengelolaan bimbingan belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana mendeskripsikan fenomena–fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan lebih menitikberatkan pada kompetensi guru bimbingan belajar dalam menerapkan strategi belajar di Bimbingan Belajar. Bimbingan Belajar Do’a Bunda menjalankan proses Kegiatan Belajar Mengajar sesuai dengan PP No. 19 Tahun 2005 (Pendagogic, Kepribadian, Sosial dan Profesional). setelah diaplikasikan dan berdasarkan data yang dianalisis, Bimbingan Belajar Do’a Bunda mengembangkan keempat kompetensi tersebut antara lain: (1) Memiliki kompetensi komunikasi secara visual yang baik dan (2) Strategi, yang terdiri dari Strategi tantangan, Strategi pengulangan, Strategi variasi dan Strategi penguatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 19 Jun 2022 12:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2022 12:31 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12422 |
Actions (login required)
View Item |