ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP DATA TWEET LAZADA MENGGUNAKAN TEXT MINING DAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER

Dodi setian, Dodi setian and Iin Seprina, Iin (2022) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP DATA TWEET LAZADA MENGGUNAKAN TEXT MINING DAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP DATA TWEET LAZADA MENGGUNAKAN TEXT MINING DAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER.

[img]
Preview
Text
cover_daftar_isi_naskah_prosising.pdf

Download (441kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk menjamin kenyamanan konsumen ketika konsumen browsing produk yang sedang dicari dan juga menjamin opsi pembayaran yang aman. Twitter merupakan salah satu media sosial paling populer di Indonesia Sebagian besar pengguna Twitter juga memanfaatkan media sosial ini untuk menemukan pelaku bisnis, dimana mereka akan menjadi pengikut (followers) dan berinteraksi dengan pelaku bisnis. Pengumpulan data tweet dari Twitter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Twitter API dan Rapid miner. Metode analisis data yang dipakai untuk melakukan menganalisis sentimen masyarakat dalam tweet Lazada dengan menggunakan algoritma Naïve bayes classifer. Hasilnya analisis sentimen masyarakat terhadap data tweet lazada indonesia menggunakan text mining dengan algoritma naïve-bayes classifier jika Terbukti bahwa menunjukan hasil yang signifikan terhadap analisis sentimen dengan tingkat akurasi sebesar 98,29%.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:56
Last Modified: 16 Jun 2022 15:56
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item