Ali, Ali (2022) PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASIF SISWA KELAS X SMK PAB 6 MEDAN ESTATE. PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASIF SISWA KELAS X SMK PAB 6 MEDAN ESTATE.
|
Text
JURNAL CITA BAHASTRA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan apakah prestasi belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima pendapat orang lain. Pembelajaran ini dapat merealisasikan kebutuhan siswa dalam belajar bepikir, memecahkan masalah, dan mengintegrasikan pengetahuan dengan keterampilan. Namun proses belajar pada metode Contextual Teaching Learning bukan menulis karangan saja. Populasi terdiri dari dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel berjumlah 72 siswa dengan menggunakan Total Sampling yang terdiri dari, kelas X 1 TKR 36 Siswa di jadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 TSM 36 Siswa di jadikan sebagi kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen yaitu menulis karangan persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Discovery yang melibatkan perlakuan berbeda antara dua kelas. Data penelitian ini dianalisis dengan uji “t” diperoleh harga thitung = 0.1573dan harga ttabel =0.1554.Dengan demikian diketahui bahwa thitung> ttabel yaitu 0.1573>0.1554 sehingga Hipotesis nihil (HO) ditolak dan Hipoteseis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan persuasif dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran Discovery
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 05:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 05:04 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10434 |
Actions (login required)
View Item |