UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - REKAYASA JALAN REL - STRUKTUR JALAN REL

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - REKAYASA JALAN REL - STRUKTUR JALAN REL. UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text
PER 03_Struktur Jalan Rel(2020-2021)Ganjil_UNIVARSITAS BINA DARMA.docx

Download (214kB)

Abstract

Struktur jalan rel adalah struktur elastis, dengan pola distribusi beban yang cukup rumit, sebagai gambaran adalah tegangan kontak antara rel dan roda adalah sekitar 9000 N/mm2 dan harus ditransfer ke tanah dasar yang berkekuatan hanya sekitar 2 kg/cm2. Secara garis besar struktur jalan rel yang baik harus menjamin keamanan, kenyamanan, umur teknis dan geometri serta dapat dipelihara dengan biaya yang optimal. Struktur jalan rel dapat dibagi menjadi dua, yaitu: a. Struktur Atas, dimana komponen-komponennya terdiri dari rel (rail), penambat (fastening) dan bantalan (sleeper). b. Struktur Bawah, dimana komponen-komponennya terdiri dari balas (ballast), subbalas (subballast), tanah dasar (subgrade) dan tanah asli (natural graund).

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:18
Last Modified: 19 Feb 2022 02:18
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/6355

Actions (login required)

View Item View Item