Gunarto, Muji and Septayuda, Irwan ANALISIS EKUITAS MEREK DALAM PERSAINGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA PALEMBANG. Jurnal ilmiah MBiA Ilmu ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma, 15 (2). ISSN 1411-1616
Text
Journal UBD_Muji_irwan.docx Download (538kB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menjadi preferensi calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi, diantaranya adalah reputasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dicerminkan dalam kekuatan ekuitas merek. Ekuitas merek menjadi ujung tombak bagi daya saing perusahaan dan sangat membantu bagi strategi pemasaran. Tujuan penelitian adalah menganalisis ekuitas merek PTS di benak masyarakat Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang dilakukan terhadap 200 siswa kelas 3 dari 46 SLTA (SMU/MA/SMK), baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek Universitas Bina Darma berada pada urutan pertama di tingkat top of mind. Untuk brand association terdapat enam asosiasi yang membentuk brand image PTS, diantaranya adalah lokasi yang strategis; penerapan teknologi informasi up to date, dan proses pembelajaran yang bermutu. Indikator perceived quality yang digunakan seluruhnya dianggap sangat penting, khususnya kualitas dosen dan proses pembelajaran yang unggul. Brand loyalty mahasiswa pada PTS masih dirasa kurang. Kata kunci: Ekuitas Merek, Citra Merek, Asosiasi Merek, Perguruan Tinggi Swasta
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Mr Irwan Septayuda |
Date Deposited: | 29 May 2017 23:40 |
Last Modified: | 29 May 2017 23:40 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3303 |
Actions (login required)
View Item |