PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Megawaty, Megawaty and Ria Andryani, M.M., M.Kom, Ria Andryani, M.M., M.Kom (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. Matrik vol 17 no. 13 Desember 2015, 17 (13).

[img] Text
JURNAL MATRIK_PEMULA2015.EDIT.docx

Download (56kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran jaringan komputer berbasis simulasi merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Dimana dalam proses belajar-mengajar menggunakan sebuah aplikasi simulator seperti: virtual box, packet tracer, vmware, GNS3. Penelitian dilakukan pada SMK Negeri kota palembang yang mengadopsi penggunaan media pembelajaran berbasis simulasi kelas X kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan media pembelajaran jaringan komputer berbasis simulasi terhadap hasil belajar siswa jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) pada SMK Negeri Palembang, mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran jaringan komputer, mempermudah siswa dalam merancang sebuah jaringan komputer secara real. Model penelitian yang digunakan adalah UTAUT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance Expextancy dari perilaku Niat dalam penggunaan media pembelajaran tidak berpengaruh signifikan sedangkan Effort Expextancy dan Social Influence pada Perilaku Niat dalam penggunaan media pembelajaran secara signifikan.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Megawaty Megawaty
Date Deposited: 21 Oct 2016 03:01
Last Modified: 21 Oct 2016 03:01
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item View Item