UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS KINERJA E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.1. ANALISIS KINERJA E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.1.
Text
Prosiding Semnastik.docx Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan tata kelola sistem e-learning dengan menggunakan framework COBIT versi 4. Proses pengukuran dilakukan melalui survey terhadap kondisi tata kelola 13 proses dalam domain delivery and support COBIT versi 4. Profil responden adalah pimpinan, staf pengelola dan dosen. Metode pengambilan sampel menggunakan non-random sampling yaitu teknik purposive sampling yaitu memilih responden yang dianggap memiliki kemampuan, mewakili kelompok dan memahami harapan harapan dari survey. Hasil survey kemudian dianalisis berdasarkan skala maturity level COBIT dengan skala 0-5 yang setiap nilainya mewakili kondisi tata kelola sistem. Analisis menghasilkan tingkat kematangan sistem saat ini, tingkat kematangan yang diharapan dan gap tata kelola sistem. Temuan penelitian ini adalah bahwa kematangan tata kelola sistem e-learning saat ini berada pada tingkat 2,18 dan kematangan tata kelola yang diinginkan berada pada tingkat 3,38. Proses-proses dengan tingkat kematangan terendah adalah: 1) proses mengelola data dan informasi yang berada pada level 1,86 dengan gap sebesar 1,90, 2) proses manajemen operasi yang berada pada level 1,86 dengan gap sebesar 1,81, 3) proses mengelola konfigurasi/aset yang berada pada level 1,86 dengan gap sebesar 1,71, dan, 4) proses manajemen helpdesk dan insiden yang berada pada level 1,57 dengan gap sebesar 1,33.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 02:43 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15973 |
Actions (login required)
View Item |