PENGARUH STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGAPRESIASI CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN

Megawaty, Megawaty (2022) PENGARUH STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGAPRESIASI CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN. PENGARUH STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGAPRESIASI CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN.

[img] Text
Makalah tuk Purwokerto.docx

Download (59kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Cerita rakyat mengandung nilai-nilai yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupan. Dengan strategi pembelajaran pengelolaan motivasional ARCS diharapkan siswa dapat mengapresiasi cerita rakyat Sumatera Selatan. Kandungan nilai cerita rakyat Sumatera Selatan meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil tes awal kemampuan mengapresiasi cerita rakyat pada kelompok eksperimen dengan total skor sebesar 1708 dengan nilai tertinggi 64 dan terendah 40 dengan nilai rata-rata 51.76. Total skor kemampuan mengapresiasi cerita pendek pada tes akhir kelompok eksperimen sebesar 2784 dengan nilai tertinggi 98 dan terendah 71 dengan nilai rata-rata 84.36. Selanjutnya, jumlah skor tes awal kemampuan mengapresiasi cerita rakyat pada kelompok kontrol sebesar 1659 dengan nilai tertinggi 64 dan terendah 40 dengan nilai rata-rata 51.84. Selanjutnya, jumlah skor tes akhir kelompok kontrol sebesar 2128 dengan nilai tertinggi 78 dan terendah 54 dengan nilai rata-rata 66.50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pengelolaan movitasional ARCS memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kemampuan mengapresiasi cerita rakyat Sumatera Selatan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 24 Jun 2022 00:59
Last Modified: 24 Jun 2022 00:59
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item