KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA. KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text
Revisi KERANGKA KERJA IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS BINA DARMA.docx

Download (54kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pelayanan teknologi informasi di Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi Manajemen (UPT-SIM) Universitas Bina Darma, serta melihat bagaimana kualitas kinerja layanan TI Universitas Bina Darma saat ini dilihat dari aspek Kontribusi Perusahaan/Bisnis, Orientasi Pengguna, Kesempurnaan Operasional, dan Orientasi Masa Depan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Universitas Bina Darma telah menggunakan dan mengimplementasikan TI dalam seluruh proses bisnis, baik pada fungsi-fungsi utama TI (IT core function) seperti pendidikan dan penelitian, maupun pada fungsi pendukung (IT support function). Perumusan strategi dan implementasi TI dilakukan oleh UPT-SIM. Unit ini bertanggung jawab terhadap segala proses dan investasi teknologi informasi. Beragam bentuk teknologi informasi yang telah diimplementasikan, seperti : e-learning, website, web mail, sistem informasi akademik, fasilitas wifi di seluruh area kampus, dan lain–lain. Penelitian dilakukan dengan survey dan penilaian terhadap rencana dan implementasi strategi teknologi informasi Universitas Bina Darma. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara dengan staff UPT-SIM. Data kemudian dianalisis menggunakan kerangka kerja IT Balanced Scorecard untuk mengetahui tingkatkinerja layanan teknologi informasi sehingga dapat diketahui aspek-aspek yang memerlukan perbaikan maupun yang harus di tingkatkan oleh Universitas Bina Darma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka kerja IT Balanced Scorecard sangat efektif digunakan sebagai alat ukur kinerja pelayanan teknologi informasi di UPT-SIM.Hasil penilaian terhadap aspek orientasi masa depan, perspektif kesempurnaan operasional, perspektif orientasi pengguna, dan perspektif kontribusi bisnis menunjukkan bahwa kinerja layanan TI UPT-SIM memiliki kontribusi yang besar dalam mewujudkan pengelolaan universitas berstandar Internasional dan mencapai visi dan misi Universitas Bina Darma.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:28
Last Modified: 23 Jun 2022 03:28
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item