KONSTRUKSI DAN PENERAPAN MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG

Trisninawati, - (2022) KONSTRUKSI DAN PENERAPAN MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG. KONSTRUKSI DAN PENERAPAN MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG.

[img] Text
laporan kemajuan_green microfinance ok.docx

Download (222kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Microfinance atau lebih dikenal dengan pembiayaan mikro atau kredit mikro atau juga dikenal dengan bantuan modal merupakan suatu program pembiayaan lunak yang diperuntukkan bagi kaum miskin dan terbelakang untuk mengembangkan bisnis mereka. Tujuan dari program ini adalah menyediakan suatu bentuk dukungan bagi individu atau kelompok kurang mampu atau miskin (poor atau poorest) yang tertarik meningkatkan kinerja bisnisnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan komunitasnya tanpa membahayakan komunitasnya. Sedangkan green microfinance pada dasarnya sama dengan microfinance konvensional, perbedaannya adalah pembiayaan atau pinjaman lunak dalam skim ini diperuntukan bagi individu maupun kelompok yang bekerja secara langsung mendukung pembangunan sosial dan berwawasan hijau secara berkelanjutan, menciptakan lapangan pekerjaan yang hijau (green jobs) dan memiliki solusi progresif dan berwawasan lingkungan dalam mengurangi polusi dan kerusakan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan konstruksi dan pengembangan model green microfinance dalam rangka meningkatkan usaha mikro yang berkelanjutan di Kota Palembang. Metode penelitian adalah penelitian terapan dengan tahapan yang pertama adalah membuat model khusus green microfinance untuk lembaga-lembaga microfinance yang ada di Kota Palembang. Tahapan selanjutnya adalah menerapkan model tersebut dengan tujuan untuk menciptakan usaha mikro yang berkelanjutan. Model ini ditujukan untuk pengembangan microfinance yang lebih memperhatikan aspek-aspek lingkungan sehingga tujuan utama dari pembangunan ekonomi yaitu untuk pengentasan kemiskinan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:01
Last Modified: 23 Jun 2022 02:01
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item