TEMU ILMIAH VIII IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PERAN STRATEGI PSIKOLOGIS PERKEMBANGAN DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN MDG’S 2015 8-10 NOVEMBER 2012

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) TEMU ILMIAH VIII IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PERAN STRATEGI PSIKOLOGIS PERKEMBANGAN DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN MDG’S 2015 8-10 NOVEMBER 2012. TEMU ILMIAH VIII IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PERAN STRATEGI PSIKOLOGIS PERKEMBANGAN DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN MDG’S 2015 8-10 NOVEMBER 2012.

[img] Text
Abstak Itryah UBD.docx

Download (57kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui intensitas menonton film romantis dengan perilaku seksual pranikah pada mahasiswi indekos di Palembang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah intensitas menonton film romantis dan variabel terikatnya adalah perilaku seksual pranikah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubungan antara intensitas menonton film romantis dengan perilaku seksual pranikah pada mahasiswi indekos Palembang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 31 mahasiswi dengan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala, yaitu skala intensitas menonton film romantis sebanyak 41 aitem (α=0,907) dan skala perilaku seksual pranikah yang terdiri dari 43 aitem (α=0,890). Hasil analisis data dengan metode Analisis regresi Sederhana menghasilkan koefisien korelasi rxy sebesar 0,476 dengan p=0,007 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang sangat signifikan antara intensitas menonton film romantis dengan perilaku seksual pranikah. Semakin tinggi intensitas menonton film romantis, maka akan semakin tinggi pula perilaku seksual pranikah yang dilakukan. Sebaliknya semakin rendah intensitas menonton film romantis, maka semakin rendah pula perilaku seksual pranikah yang dilakukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan variabel intensitas menonton film romantis terhadap perilaku seksual pranikah pada mahasiswi di lorong Karet Plaju Palembang sebesar r2=0.226 yang berarti bahwa pada penelitian ini variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 22,6%. Kata kunci: intensitas menonton film romantis, perilaku seksual pranikah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:42
Last Modified: 21 Jun 2022 06:42
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item