PENGEMBANGAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN SOSIAL SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGEMBANGAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN SOSIAL SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. PENGEMBANGAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN SOSIAL SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI.

[img] Text
hibah bersaing Pengembangan Konsep kewirausahaan Sosial sebagai Model Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.docx

Download (659kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pengangguran dan kemiskinan merupakan masalah besar bagi Indonesia, apabila kondisi ini tidak memperoleh perhatian dari pemerintah maka mengakibatkan masalah sosial yang cukup tinggi. Social Entrepreneurship adalah salah satu solusi yang ideal melalui kegiatan pendidikan yang terarah dan berkesinambungan, diharapkan dapat menekan angka penganguran. Kehadiran Social Entrepreneur yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuan entrepreneurship untuk melakukan perubahan sosial terutama meliputi bidang kesejahteraan dan pendidikan. Kehadiran Social Entrepreneurship dirasakan memberikan perubahan iklim sosial ekonomi yang berpihak pada rakyat dan memberikan peluang baru bagi masyarakat secara umum. Berdasarkan pada permasalahan diatas, maka perlu adanya suatu studi guna mencari alternatife pemecahan masalah. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan model Social Entrepreneurship dan Social Entrepreneur dikalangan mahasiswa pada khususnya dan civitas akademika pada umumnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat dengan menjalin kerjasama antara perguruan tinggi, stakeholder dan pemerintah. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengimplementasikan model Social Entrepreneurship dan Entrepreneur melalui lembaga formal serta model pembelajaran kewirausahaan. Desain penelitian adalah multiple case study. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan kombinasi (triangulation) yang meliputi: survey, observasi, field study, focus group discussion, PRA (Participatory rural appraisal) dan action research. Level penelitian adalah eksploratif dan jenis analisis yang digunakan adalah kualitatif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:17
Last Modified: 21 Jun 2022 05:17
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item