PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 37 PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 37 PALEMBANG. PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 37 PALEMBANG.

[img] Text
Sukarningsih,dedi riyanto,heriyanto.docx

Download (59kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada efektivitas kepemimpinan dan motivasi kerja Kepala Sekolah SMP Negeri 37 Palembang dalam hubungannya dengan tingkat kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 37 Palembang, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 37 Palembang; dan 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara efektivitas kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 37 Palembang. Objek penelitian pada penelitian ini adalah semua guru yang berjumlah 44 orang yang ada di SMP Negeri 37 Palembang dan seluruh guru yang berjumlah 44 orang dijadikan sampel. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau member gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas kepemimpinan (X1), motivasi kerja(X2) dan kinerja guru (Y). adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai F sebesar 0,000 lebih kecil dari level signifikan 0,05, hal ini berarti variabel efektivitas kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 37 Palembang. Kemudian diperoleh nilai signifikansi t untuk variabel efektivitas kepemimpinan sebesar 0,050 lebih kecil dari level signifikansi 0,05, hal ini berarti variabel efektivitas kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Selanjutnya nilai signifikansi yang diperoleh untuk variabel motivasi kerja sebesar 0,001 lebih kecil dari signifikansi 0,05 hal ini berarti bahwa variabel motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,678 menunjukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara efektivitas kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:44
Last Modified: 19 Jun 2022 12:44
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12805

Actions (login required)

View Item View Item