Simulasi numerik fenomena vortex induced vibration (VIV) menggunakan metode domain fiktif dengan pendekatan isogeometrik

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Simulasi numerik fenomena vortex induced vibration (VIV) menggunakan metode domain fiktif dengan pendekatan isogeometrik. Simulasi numerik fenomena vortex induced vibration (VIV) menggunakan metode domain fiktif dengan pendekatan isogeometrik.

[img]
Preview
Text
DISC2012_Saksono_final.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Artikel ini membahas tentang usulan penggunaan metode domain fiktif (Fictitious Domain Method) untuk simulasi numerik fenomena vortex induced vibration. Selama ini, metode domain fiktif digunakan bersama dengan diskretisasi spasial seperti metode elemen hingga atau metode volume hingga. Dengan dikembangkannya metode analisis isogeometrik yang telah dibuktikan lebih superior dibandingkan dengan metode diskretisasi yang telah disebutkan. Studi ini adalah penelitian awal (exploratory study) penerapan metode domain fiktif menggunakan analisis geometrik sebagai metode diskretisasi spasial yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan masalah yang akan timbul. Selain itu, juga bertujuan untuk mengidentifikasi pilihan parameterisasi yang mungkin untuk digunakan dalam analisis.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 09:51
Last Modified: 19 Jun 2022 09:51
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12120

Actions (login required)

View Item View Item