ANALISIS KUALITAS LAYANAN JARINGAN INTRANET (STUDI KASUS UNIVERSITAS BINA DARMA

Fatoni, Fatoni (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN JARINGAN INTRANET (STUDI KASUS UNIVERSITAS BINA DARMA. ANALISIS KUALITAS LAYANAN JARINGAN INTRANET (STUDI KASUS UNIVERSITAS BINA DARMA).

[img]
Preview
Text
Jurnal QoS Fatoni - Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kualitas layanan atau Quality of Service adalah kemampuan sebuah jaringan untuk kan layanan yang lebih baik lagi bagi layanan trafik yang melewatinya. Dari hasil survey yang dilakukan dengan mengambil 30 sampel bahwa QoS jaringan intranet cukup baik dengan total QoS rata-rata 3.67. Mengacu pada pentingnya kualitas layanan jaringan dan belum dilakukannya pengukuran yang pasti yang dapat di gunakan untuk mengukur seberapa besar kualitas layanan yang harus di penuhi, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah“ Analisis Kualitas layanan Jaringan intranet studi kasus Universitas Bina Darma ”. Alat yang digunakan dalam penelitian ini BizNET Speed Meter, Axence NetTools dan Iperf. Sedangkan metode yang di gunakan adalah action research dengan model sistem monitoring QoS.Dari hasil pengukuran parameter QoS yang terdiri bandwidth, throughput, delay, jitter dan packet loss untuk pengukuran EtE QM berpengaruh terhadap QoS jaringan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:12
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item