Analisis Kualitas Portal Rumah Belajar Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Pada SMA Negeri di kota Palembang).

Megawaty, Megawaty and Helda Yudiastuti, Helda Yudiastuti (2022) Analisis Kualitas Portal Rumah Belajar Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Pada SMA Negeri di kota Palembang). Analisis Kualitas Portal Rumah Belajar Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Pada SMA Negeri di kota Palembang).

[img] Text
Cover isi Sertifikat Buku 1B.doc

Download (453kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat pesat telah membuat banyak perubahan bagi kehidupan manusia saat ini dan mendorong upaya- upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar disekolah. Untuk itulah pemerintah terus mengupayakan pemberdayaan potensi internet untuk kebutuhan pendidikan. Salah satu upaya yang dikembangkan adalah membuat portal edukasi untuk pembelajaran, salah satu diantaranya adalah E- dukasi.Net yang kini sudah berganti nama menjadi Rumah Belajar. Dalam penelitian ini, kualitas Portal Edukasi Rumah Belajar akan diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrument yang menilai kualitas suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan peneliti karena adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu, sampel diambil dari 150 orang siswa dan 50 orang guru. Survey dilakukan dengan wawancara dan memberikan kuesioner secara terbuka serta tertutup kepada siswa-siswi dan guru-guru di SMA yang telah ditentukan sebelumnya. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antar dimensi dari webQual 4.0 yaitu usability, kualitas informasi, dan interaksi pelayanan terhadap kepuasan pengguna, pengukuran dilakukan dengan perangkat SPSS versi 19. Dari pengukuran, nantinya diharapkan akan dapat memberikan manfaat sebagai rekomendasi bagi pemerintah dalam mengembangkan situs Edukasi.Net dengan memperhatikan kualitas website berdasarkan persepsi pengguna.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:55
Last Modified: 15 Jun 2022 03:55
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item