PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) KABUPATEN OGAN KOMEING ILIR (OKI)

alamin aslan, alamin aslan and muhammad izman, izman (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) KABUPATEN OGAN KOMEING ILIR (OKI). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) KABUPATEN OGAN KOMEING ILIR (OKI).

[img] Text
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU.docx

Download (322kB)
Official URL: http://www.binadarma.ac.id

Abstract

: Perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan adalah suatu keniscayaan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Upaya tersebut hanya dapat terlaksana apabila ada komitmen dan aksi yang terencana sinergis dari berbagai pihak termasuk pendidik dan tenaga kependidikan seperti kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dan dampaknya terhadap pencapaian kompetensi siswa sebagai hasil pengalaman belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Sampel yang diambil berstrata yakni pengawas sekolah, kepala sekolah dan/atau guru senior pada 16 sekolah dari 24 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru, serta berdampak pada pencapaian kompetensi siswa. Besarnya pengaruh langsung supervisi akademik terhadap kinerja guru adalah sebesar 13,3%, pengaruh terhadap pencapaian kompetensi siswa sebesar 35,9%, serta kinerja guru berpengaruh sebesar 26,4% terhadap pencapaian kompetensi siswa. Berdasarkan hasil tersebut diperlukan upaya pembinaan yang intensif dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, dimulai dari perbaikan mutu proses pembelajaran yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu lulusan pada semua jenis dan jenjang pendidikan di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:05
Last Modified: 14 Jun 2022 05:05
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item