ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE UTAUT (UNIFIED THEORY ACCEPTANCE OF USE TECHNOLOGY)

bina, darma (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE UTAUT (UNIFIED THEORY ACCEPTANCE OF USE TECHNOLOGY). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE UTAUT (UNIFIED THEORY ACCEPTANCE OF USE TECHNOLOGY.

[img]
Preview
Text
EDITOR SEMNASTIK 2017.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat berkembang dengan pesat pada saat ini, menimbulkan dampak kebutuhan yang sangat luas, salah satunya kebutuhan akan suatu konsep dan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi. Sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang peran guru teknologi informasi dan komunikasi dan guru keterampilan komputer dan pengelolaan informasi dan implementasi kurikulum 2013. Maka dari itu, untuk menunjang pengetahuan pada mata pelajaran TIK dibutuhkan suatu sistem informasi yang mampu memberikan informasi dan pembelajaran yang aktif kepada setiap elemen pendidikan. Selain sebagai faktor penunjang, sistem informasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses belajar mengajar sehingga terciptalah suasana pendidikan yang baik, nyaman, cepat dan maksimal. Data yang dikumpulkan melalui wawancara secara mendalam, studi dokumentasi dan observasi mengenai pendekatan sifat perilaku dan situasi, selanjutnya dianalisasi menggunakan metode UTAUT (Unified Theory Acceptance of Use Technology) dengan variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, facilitating Condition dan Behaviour Intention. Metode pengumpulan data menggunakan kuestioner yang ditujukan kepada siswa siswi SMK Negeri Kota Palembang. Sedangkan pengolahan data dan pengambilan kesimpulan menggunakan SEM (Structural Equational Modelling) dengan menggunakan SPSS AMOS 22.0 sebagai toolsnya. Hasil penelitian merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan layanan Sistem Informasi Akademik melalui hasil tingkat kepuasan siswa siswi SMK Negeri Kota Palembang.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:05
Last Modified: 14 Jun 2022 05:05
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item