UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - BETON MUTAKHIR - BETON MUTU TINGGI 2

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA UNIVERSITAS BINA DARMA - TEKNIK - TEKNIK SIPIL - BETON MUTAKHIR - BETON MUTU TINGGI 2. UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img]
Preview
Text
PER 14_Beton mutu tinggi[2](2020-2021)Ganjil_UNIVERSITAS BINA DARMA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Teknologi beton dari waktu ke waktu semakin mengalami perkembangan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas beton yaitu agar diperoleh kekuatandan durability yang tinggi . Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh beton mutu tinggi dengan memanfaatkan fly ash sebagai bahan untuk mengantikan semen sampai 50% (high volume fly ash concrete). Penelitian ini dilakukan dengan menguji perkembangan kuat tekan beton high volome fly ash pada umur 14 hari, 28 hari dan 56 hari dan sebagai pembanding yaitu kuat tekan beton tanpa campuran fly ash (beton normal).Kedua campuran tersebut menggunakan fas rendah sehingga digunakan superplasticizer sebanyak 1% untuk tercapai workability yang baik pada saat pencampuran. Benda uji yang digunakan berbetuk kubus dengan ukuran 15cm x15cm x15cm dengan jumlah sampel masing 12 untuk betonHVFA dan beton normal. Mutu beton yang direncanakan adalah 45 Mpa menggunakan metode ACI dengan nilai slump ± 10cm. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kuat tekan untuk beton normal dan beton HVFA masing-masing adalah pada umur 14 hari sebesar: 38 Mpa dan 29 Mpa, pada umur 28 hari sebesar: 40 Mpa dan 39 Mpa, dan pada umur 56 hari sebesar: 42 Mpa dan 42 Mpa. Data tersebut menunjukan bahwa beton HVFA dapat mencapai kuat tekan yang sama dengan beton normal.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:40
Last Modified: 14 Feb 2022 10:40
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item